Kapuk Business Park Jl Kapuk Raya no 28 Jakarta Utara
0815 1154 9789 (Call/WA)
kusenindahsejati@gmail.com

Apa kelebihan kusen UPVC dibandingkan dengan kusen Aluminium ?

Solusi Kusen Rumah Anda

Apa kelebihan kusen UPVC dibandingkan dengan kusen Aluminium ?

kusen-upvc-

Apa kelebihan kusen UPVC dibandingkan dengan kusen aluminium ?

Setiap bangunan baik rumah maupun gedung membutuhkan kusen untuk jendela atau pintu. Kusen adalah bagian dari konstruksi pintu dan jendela yang berfungsi untuk membentuk hubungan antara pintu maupun jendela dengan dinding baik dari pasangan bata maupun beton. Kusen juga merupakan bagian utama yang memungkinkan perletakan daun pintu maupun jendela agar dapat membuka tutup.

Dulu kusen umumnya terbuat dari kayu. Tampilan serat kayu yang indah membuat kusen sekaligus menjadi elemen dekoratif pada rumah. Namun kayu mudah lapuk dan tidak tahan terhadap serangan rayap. Kusen yang terbuat dari kayu juga tidak tahan terhadap cuaca apalagi jika berada pada lingkungan yang lembab. Kusen yang terbuat dari kayu memerlukan perawatan khusus agar tidak lapuk serta awet dan tahan dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu, jaman sekarang ini banyak yang menggunakan kusen dengan material dari aluminium ataupun UPVC. Namun perlu dicermatin, dalam menentukan pilihan kusen anda, karena itu kita perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan daripada kedua jenis bahan tersebut .

Adapun kelebihan dan kekurangan daripada kusen UPVC  dan kusen Aluminium antara lain :

  1. Untuk perawatan, UPVC dan Aluminium tidak perlu perawatan.
  2. Dari sisi korosif, UPVC tidak korosif, sedangkan Aluminium masih bisa korosif
  3. Dari segi rayap, UPVC dan Aluminium sama-sama anti rayap.
  4. Ketahanan terhadap cuaca, UPVC tahan terhadap segala cuaca, tidak kembang susut, sedangkan Aluminium tidak tahan cuaca dan bisa kembang susut.
  5. Sistem drainase, UPVC mempunyai system drainase sendiri sehingga tidak akan terjadi kebocoran, sedangkan Aluminium saat ini belum ada sistem drainasenya, mungkin teknologi ke depannya bisa saja ada.
  6. Penghantar panas, UPVC tidak menghantar panas, sedangkan Aluminium menghantar panas.
  7. Kekedapan suara, UPVC sudah dipastikan dapat mengurangi suara dan bisa sampai maksimal 40DB, sedangkan Aluminium tidak bisa mengurangi suara atau tidak kedap.
  8. Dari segi penampilan, masing-masing mempunyai keunikan dan keindahan sendiri, tergantung selera dan kebutuhan.

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan daripada 2 material tersebut, sehingga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih kusen untuk rumah impian anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Swipe to unlock!
Unlocked